Sejarah Perkembangan Sistem/tek. Informasi dan Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat lunak
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi
A.
Sejarah
teknologi informasi
Perkembangan
teknologi dalam peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara
penyampaian informasi dalam berkomunikasi yang selanjutnya dikenal dengan
istilah tenologi informasi dan komunikasi.
Sejak zaman prasejarah, cara
manusia menyampaikan informasi melalui berkomunikasi dalam hal perkembangan
teknologi terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya ditemukan
teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yang sebagian besarnya sudah usang
dan sebagiannya lagi masih terus dipakai, bahkan terus diteliti dan dikembangkan
agar semakin maju.
1. Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)
Pada
awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan
bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada
dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa
itu, mereka mulai mengenal benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan
mewakilkan bentuknya pada lukisan di dinding gua tempat mereka tinggal.
Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan
isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi.
2.
Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)
Perkembangan
tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik,
kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, hingga cara pencentekan buku.
Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Pada tahun 3000 SM
Untuk pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria
dengan menggunakan simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf. Simbol ini
mempunyai bentuk bunyi yang cara penyebutannya berbeda sehingga dapat
disimpulkan bahwa bangsa Sumeria telah mengenal bahasa dan tulisan pada masa
itu. Selain itu, terdapat tulisan hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang
Mesir. Kemudian pada tahun 1774 SM Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem
penulisan dari kiri ke kanan dengan memakai abjad fonetik.
3.
Masa
Modern (1400 M – Sekarang)
Tahun 1991-Sekarang Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi
ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para
anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian
diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF
membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut
direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi
(oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General
Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat
cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi
bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum
mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah
ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
B.
Sejarah
Komputer
Pada Periode Elektronik inilah kita mulai memasuki generasi komputer. Berikut ini penjelasan masing-masing dari generasi komputer tersebut:
Komputer Generasi I
Sejarah komputer generasi
pertama mulai hadir pada tahun 1946 - 1956, beberapa ciri utama dari generasi
ini di antaranya:
·
Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes)
sebagai sirkuitnya.
·
Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan
ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
·
Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik
tape atau magnetik drum.
·
Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine
language)
Komputer Generasi II
Sejarah komputer generasi
kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi
ini di antaranya:
·
Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya.
Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
·
Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat
energi dibanding generasi komputer pertama.
·
Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari
singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner
Contoh komputer generasi kedua
yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965, sebagian
besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah
informasi keuangan.
Komputer Generasi III
Adapun contoh komputer
generasi ketiga ini di antaranya:
IBM S/360
IBM S/360 yang dirancang untuk
bisnis dan teknik.
GE 600 dan GE 235
General Electric mengeluarkan
GE 600 dan GE 235.
NCR Century
National Cash Register
mengeluarkan NCR seri Century
Komputer Generasi IV
Sejarah komputer genarasi
keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
·
Mulai dikembangkan komputer micro yang
menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan
oleh Intel (Intel 8080)
·
Mulai digunakannya LSI (Large Scale
Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit)
dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale
Integration).
·
Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer
telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface).
Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
Komputer Generasi V
Sejarah komputer generasi V
dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di
antaranya:
·
Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new
Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu
menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
·
Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki
unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik
seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural
language (bahasa sehari-hari).
C.
Perangkat
Komputer
1.
Motherboard
Motherboard
adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer
seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa
papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun
konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.
2.
Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
3.
Harddisk
Hard disk
atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu
piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh
hard disk tersebut.
4.
RAM (
Random Access Memory )
RAM atau
Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data
maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk,
penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data
maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali
komputer tersebut dalam mode hibernate.
5.
Power
Supply
Power
Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke
komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power
supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa
perangkat yang satu ini.
6.
Keyboard
dan mouse
Keyboard
merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri
terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara
lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard
Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.Seperti
halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi
menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini
dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Terdapat banyak
jenis-jenis mouse, anatara lain : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse
wireless.
7.
Monitor
Monitor
merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang
berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor
mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang
paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD
(Liquid Crystal Display).
D.
Pemanfaatan
Sistem atau teknologi Informasi
Disini
saya akan sedikit menjelaskan beberapa manfaat aplikasi teknologi informasi di
berbagai bidang. yaitu :
1. Bidang Sains: dalam bidang ini
teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan cuaca, misalnya hujan.
Dengan manfaat ini masyarakat dapat mengantisipasi kondisi tersebut. Selain
peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu dapat meluncurkan satelit yang bisa kita
pantau dari bumi.
2. Bidang teknik / rekayasa : manfaat
aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bisa digunakan
untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini
yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms Project
3. Bidang Ekonomi : pemanfaatan teknologi
informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui e-Commerce, dengan e-Commerce
pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui internet. Seperti misalnya
informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang dijual serta transaksi
penjualannya.
4. Bidang Bisnis : Teleconference
merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis.
Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan bisnis atau
berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun tidak berada di tempat dan bertatap
muka.
Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
A.
Pemahaman
Komponen Perangkat keras
1.
Input
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
2.
Proses
Peralatan proses pada komputer
adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang
diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke
dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses
terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan
satu sama lain. Peralatan proses tersebut diantaranya: motherboard, cpu
3.
Kontrol
Processor sering disebut
sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi
untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada
socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor.
4.
Penyimpanan
Media Penyimpanan Komputer tersebut mempunyai berbagai macam media nya, tetapi
dalam komputer alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori
media penyimpanan data saja yaitu sebagai berikut :
1. Media
Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
2. Media
Penyimpanan Optical (Optical Disk)
3. Media
Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
5.
Output
Istilah dari Perangkat
keluaran atau output device ini adalah setiap bagian dari
peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil
pengolahan data yang dilakukan oleh suatu sistem pengolahan informasi (seperti
komputer ) yang mengubah informasi elektronik yang dihasilkan ke dalam bentuk
yang dapat dibaca manusia. Berikut adalah beberapa macam perangkat keluaran
komputer. contoh : Monitor, printer
B.
Pemahaman
komponen perangkat lunak
1.
Evolusi
Perangkat Lunak
1.
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an
sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama
mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software
terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
2.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun
1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai
ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa
saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu
interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
3.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan
tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak
sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem
terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke
komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
4.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai
tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan
perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat
dikendalikan oleh suatu sistem operasi. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek
(OOP).
2.
Klasifikasi
Perangkat Lunak
Perangkat lunak secara umum
dapat di bagi 2 yaitu :
1.Perangkat lunak sistem
2.Perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman :
merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan
algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat
komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di
jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan,
mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran
ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95,
IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility : merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan
perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan
rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty
adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi
atau application software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk
melakukan kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik; misalnya untuk membuat
dokumen, manipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
Contoh :
1.
Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan
pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu. Contoh :
microsoft excell, Microsofy word, dll
2.
Aplikasi
Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti
teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis
aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja
sampai dengan membuat dan mengeditnya.
Contoh : Pemutar Musik itunes,
Pemutar dan pengedit video adobe premier,dll
3.
Aplikasi
Internet
Aplikasi Internet adalah
istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu.
Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi
yang sesuai. Contoh : e-mail
Sumber:
www.academia.edu
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://trisnowlaharwetan.wordpress.com/2010/03/11/evolusi-perangkat-lunak/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
Komentar
Posting Komentar